News & Event
ITF Indonesia Online
News and Event regarding Taekwon-Do, International Taekwon-Do Federation, and Indonesia International Taekwon-Do Federation.
SEMINAR TAEKWON-DO ITF YOGYAKARTA: TAEKWONDO ITF MULAI MENGEMBANGKAN DIRI KEMBALI
2019-02-09




Taekwon-Do ITF ( International Taekwondo Federation ) mempunyai sejarah panjang di Indonesia dan terutama di Yogyakarta , karena pertama kali seni beladiri Taekwon-do ITF inilah yang berkembang di Yogyakarta dan mengalami prestasi serta berjaya di era tahun 1979 hingga 1983 karena selalu merebut posisi Juara Umum Nasional sebelum semuanya melebur menjadi satu wadah dan berafiliasi ke WTF ( yang sekarang menjadi WT : World taekwondo )

Sejalan dengan perkembangan seni beladiri Taekwondo di dunia dan era reformasi di Indonesia mapupun perkembangan geo politik global antara Korea Selatan dan Korea Utara, maka Taekwondo yang terbagi menjadi 2 organisasi besar ITF dan WT , mulai membangun kerjasama dan mempunyai cita cita untuk dapat bersatu dan berlaga bersama di Olympiade .

Hal ini sudah dirintis lama oleh kedua belah pihak , dan telah ditanda tangan I MOU oleh kedua Presiden Organisasi dunia tersebut, dan mulai terwujud dalam beberapa event dunia maupun Kejuaraan Dunia World Taekwondo, dibuka oleh demonstrasi bersama antara WT dan ITF.

International Taekwon-Do Federation (ITF) dengan pendiri nya Jenderal Choi Hong Hi dan sekarang di pimpin oleh Prof Ri Yong Son, adalah organisasi ITF yang berada dalam program dan keanggotaan dari International Olympic Committee ( IOC )

Organisasi ITF dibawah kepemimpinan Prof Ri Yong Son inilah yang merupakan satu satunya Organisasi Taekwon-Do yang telah diakui oleh Komite Olimpiade Internasional untuk bekerja sama dengan Organisasi World Taekwondo (WT) dalam hal Kejuaraan Taekwondo ( termasuk program Kepelatihan dan perwasitan ) bersama kedepannya di seluruh Dunia.

IITF ( Indonesia International Taekwondo Federation ) sendiri mulai terbentuk pada tanggal 1 Desember 2006 di Jakarta, dibawah pimpinan Bpk. Rudijanto Tanoesoedibjo sebagai presiden ITF Indonesia dan berafiliasi pada ITF yang dipimpin oleh Prof. Ri Yong Son .

Seminar yang di ikuiti oleh 20 perwakilan dari 4 provinsi yaitu Jakarta, Jogjakarta, Jawa Timur serta Jawa tengah ini akan menjadi awal dari berbagai seminar serupa di provinsi lain. Seminar yang dipimpin langsung oleh Sabumnim Chandra Lesmana ( DAN VI ITF ) sekaligus sebagai Sekretaris Jendral IITF, sangat yakin bahwa hasil seminar ini akan mampu menjadi rintisan bagi pengembangan Taekwondo ITF.

IITF mempunyai target bahwa di tahun 2021 nantinya sudah akan menggelar Kejuaran Nasional Taekwondo ITF yang dilaksanakan secara terbuka bagi semua praktisi Taekwondo mengikuti perkembangan yang terbaru di dunia antara WT dan ITF.

IITF sendiri sejak berdiri telah mengikuti kejuaraan Kejuaraan Dunia thn 2009 di Rusia dan Korea Utara pada tahun 2011, dan melaksanakan event Kejuaraan Tingkat Nasional.

IITF sendiri berharap masyarakat yang berminat dan ingin menyalurkan hobi maupun ber prestasi melalui olahraga seni beladiri dan tertarik dengan Taekwondo ITF dapat segera bergabung dan berlatih.
News & Event List